PAUD diselenggarakan berdasarkan kelompok usia dan jenis layanannya, yang meliputi :
a. Layanan PAUD untuk usia sejak lahir sampai dengan 6 (enam) tahunterdiri atas Taman Penitipan Anak dan Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan yang sederajat.
b. Layanan PAUD untuk usia 2 (dua) sampai dengan 4 (empat) tahun terdiri atas Kelompok Bermain (KB) dan yang sejenisnya.
c. Layanan PAUD untuk usia 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) tahun terdiri atas Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Athfal (RA)/Bustanul Athfal (BA), dan yang sederajat.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini terdiri atas:
a. Kerangka Dasar Kurikulum
Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan filosofis, sosiologis, psiko-pedagogis, teoretis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
b. Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar.
c. Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak berisi strategi untuk menemukan hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak.
d. Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berisi acuan untuk membantu pendidik dalam mengembangkan kurikulum operasional yang kontekstual.
e. Pedoman Pembelajaran
Pedoman Pembelajaran berisi strategi-strategi kegiatan pembelajaran yang harus dipahami dan diterapkan oleh pendidik.
f. Pedoman Penilaian
Pedoman Penilaian berisi acuan untuk melakukan penilaian terhadap proses dan hasil kegiatan
anak.
g. Buku-buku Panduan Pendidik
Buku-buku Panduan Pendidik berisi panduan operasional pembelajaran di satuan/program
PAUD.
Kaitannya dengan K13, Kompetensi Inti PAUD merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia 6 (enam) tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk:
a. Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1)
b. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2)
c. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3)
d. Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4)
Sedangkan Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti.
Kompetensi Dasar merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti dan terdiri atas:
a. Kompetensi Dasar sikap spiritual
b. Kompetensi Dasar sikap sosial
c. Kompetensi Dasar pengetahuan
d. Kompetensi Dasar keterampilan.
Selanjutnya Kompetensi Dasar (KD) dijabarkan lebih rinci melalui indikator.
Selengkapnya download Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD melalui link berikut :
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD beserta lampiran-lampiran
Demikian share tentang Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD, semoga bermanfaat.
0 Response to "Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD"
Posting Komentar